SUARA INDONESIA HALMAHERA

KPU Ternate Pastikan Proses Pemungutan Suara di TPS Terapkan Protokol Kesehatan

- 23 November 2020 | 18:11 - Dibaca 1.42k kali
Peristiwa Daerah KPU Ternate Pastikan Proses Pemungutan Suara di TPS Terapkan Protokol Kesehatan
Situasi Simulasi Pemungutan suara yang digelar KPU Kota Ternate.

TERNATE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ternate menjamin proses pemungutan suara di TPS akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. 

Hal tersebut dilakukan dalam Simulasi yang digelar KPU kota Ternate, Minggu (22/11/2020) dimana untuk menjamin keselamatan para pihak yang terlibat, baik penyelenggara, peserta, pemilih maupun pihak keamanan.

Anggota divisi teknis dan penyelenggaraan KPU Kota Ternate, Kuad Suwarno mengatakan simulasi dilakukan secara nasional serentak bersama 270 daerah lainnya. Kota Ternate Sendiri mewakili Maluku Utara.

"Sudah dipastikan pencoblosan nantinya menerapkan protokol kesehatan covid-19. Kita juga melakukan pembatasan jumlah pemilih, serta merapkan protokol kesehatan, demi mencegah terjadinya kerumunan,” jelas Kaud kepada Suara indonesia.co.id di ruang kerjanya, Senin (23/11/2020).

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk evaluasi agar baik pemungutan dan perhitungan suara serta penerapan protokol kesehatan Covid-19 bebar-benar berjalan dengan baik. 

Tidak hanya penerapan protokol kesehatan yang ketat, KPU Kota Ternate juga menggelar simulasi penghitungan surat suara menggunakan aplikasi sistem informasi rekapitulasi atau e-rekap.

Aplikasi tersebut sengaja diterapkan untuk meminimalisasi kontak fisik. Selain itu sistem Sirekap juga dinilai lebih cepat dan efisien sehingga diharapkan mampu meminimalisir kesalahan penghitungan.

"Kita akan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) ditingkat PPK secara bertahap. Besok di pusat dibuka sehingga kita bisa membimtek secara langsung. Tanggal 24,25 dan 26." terangnya. (uci)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya