SUARA INDONESIA HALMAHERA

Gubernur Malut Bagikan Ratusan Paket Bantuan dan Kukuhkan Taruna Siaga Bencana di Ternate

- 01 November 2020 | 11:11 - Dibaca 286 kali
Pemerintahan Gubernur Malut Bagikan Ratusan Paket Bantuan dan Kukuhkan Taruna Siaga Bencana di Ternate
Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba mengukuhkan Pengurus Taruna Siaga Bencana Provinsi Maluku Utara

 TERNATE - Penutupan Bhakti Sosial dan Pengukuhan Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK Tagana) yang digagas oleh Dinas Sosial Provinsi turut dihadiri Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba. Minggu(01/11/2020) 

Kegiatan yang dipusatkan di Kelurahan Afe Taduma, Ternate itu mengukuhkan sebanyak 50 orang anggota Tagana dari Kabupaten/kota se Provinsi Maluku Utara sesuai Surat Keputusan Gubernur Nomor 420/KPTS/MU/2019 yang diketuai Ahmad Baligi dan sekertaris Sunardi Hamid.

Gubernur pun meminta kepada mereka yang telah dilantik agar tetap mempertahankan dan mengembangkan eksistensi Tagana ke arah yang lebih baik lagi. Keberadaan Tagana sekarang ini bukan saja dikenal di lingkungan institusi sosial, namun sudah dikenal oleh kalangan banyak sebagai penggiat penanggulangan bencana. 

"ini semua terkait dengan eksistensi tagana yang semakin membaik, karenanya perlu dipertahankan serta dikembangkan kembali." Ujar Gubernur dua periode tersebut.

Abdul Gani Kasuba berharap, peran rekan-rekan Tagana dalam meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak, tidak hanya dibebankan pada pemerintah semata melainkan peran masyarakat dan juga pihak swasta atau dunia usaha, karena kalau ketiga unsur ini bersinergi dan saling mendukung tentu penanganan bencana bisa berjalan dengan baik.

"sebagai anggota Tagana, senantiasa harus meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri dalam mengemban amanat masyarakat, karena melalui peran kitalah, masyarakat daerah kita akan merasa terlindungi dengan ancaman resiko bencana." harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara Muhammad Ismail dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini bermaksud terciptanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan bencana.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas dalam penanggulangan bencana, meningkatkan pengetahuan tentang pengurangan resiko bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan bencana." Ungkap mantan Asisten III tersebut

 Gubernur Juga Menyerahkan Bantuan berupa 2996 kg Beras, 330 Paket Makanan Anak, 10 unit Tenda Gulung, 1 paket bantuan keserasian Sosial kepada masyarakat setempat dan melakukan peletakkan batu pertama renovasi Musholah An-Nur Kelurahan Afe Taduma Ternate. (Iin) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya